Senin, 30 Mei 2016

Tips Melahirkan Bayi Tanpa Rasa Sakit

Bismillahirrohmanirrohim

Tips Melahirkan Bayi Tanpa Rasa Sakit

Ketika mulai mendekati masa-masa melahirkan, sang ibu mutlak untuk mempersiapkan kebutuhan untuk melahirkan. Tapi, ada yang tidak kalah pentingnya dari semua itu. Sang ibu harus mempersiapkan mental untuk melahirkan, karena melahirkan adalah suatu proses yang banyak orang bilang “menakutkan”. Tapi kenapa ibu-ibu tidak kapok untuk melahirkan lagi, dan lagi ?
Banyak ibu-ibu bilang melahirkan itu sakit, apalagi kalau melahirkan dengan cara normal. Rasa nyeri yang sangat, tegang dan pusing bercampur jadi satu dirasakan ketika rahim sang ibu mengalami kontraksi yang berkala ketika akan melahirkan. Apalagi ketika memasuki pembukaan 3 sampai mendekati masa persalinan, rasa sakit semakin terasa hebat. Banyak juga ibu yang sedang melahirkan sampai berteriak dan menangis menahan sakit. Maka dari itu tidak sedikit ibu-ibu hamil lebih memilih melahirkan dengan cara sectio caesarea dengan pemakaian obat bius sebagai penghilang rasa sakit pada saat pembedahan dalam pengeluaran jabang bayi dari dalam rahim ibu. Meskipun begitu, biaya persalinan dengan cara normal memang lebih hemat daripada sectio caesarea, sehingga karena faktor ekonomi kebanyakan orang lebih memilih melahirkan dengan cara normal.

Tapi, bagaimana cara melahirkan secara normal tanpa rasa sakit? 
Islam telah mengajarkan banyak hal terutama akan melahirkan. Islam telah mengajarkan jauh sebelum ilmu kedokteran modern muncul.
Berikut ini adalah hal-hal yang insyaAllah akan menghilangkan rasa sakit ketika proses melahirkan :
·                     Maryam mencontohkan kepada kita sebelum dan sesudah melahirkan nabi Isa as untuk memakan buah korma. Insyaallah akan menambah energi kita pada saat mendorong mengeluarkan bayi.
·                     Meminum minyak zaitun secara rutin selama masa kehamilan juga akan bisa memperlancar persalinan, sehingga proses melahirkan bisa sangat cepat dan lancar diluar dugaan yang akan menghambat rasa sakit datang menyerang kita.
·                     Meminum madu juga akan memperkuan fisik kita ketika melahirkan, sampai-sampai Allah mengistimewakan buah zaitun dan binatang penghasil madu ini sebagai nama surah dalam Al Qu` ran.
·                     Berusahalah menjalani masa kehamilan sampai saat melahirkan sebagai proses ibadah dengan ikhlash karena Allah semata. Tidak percuma kita merasakan beratnya mabok dan membawa beban berat berisikan janin dalam perut kita selama 9 bulan, karena dengan niat tulus dari awal seperti itu insyaAllah ada nilai dari Allah SWT. Sehingga rasa sakit tidak kita rasakan.
·                     Lebih baik berdzikir atau melantunkan ayat-ayat Al Qur’an daripada berteriak kesakitan. Berteriak justru akan menghabiskan energi kita yang sangat diperlukan saat mengejan mendorong bayi keluar rahim.
·                     Berusahalah menikmati rasa sakit yang dirasakan. Percayalah, bahwa rasa sakit itu sedikit demi sedikit bisa mengurangi dan menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan.
·                     Jangan mengeluh. Buktikan bahwa anda bisa dan mampu melewati masa sulit itu.
·                     Ingatlah, bahwa ketika melahirkan itu kita sedang berjihad untuk melahirkan anak yang insyaAllah akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang. 


Poin-poin diatas adalah sebuah sugesti yang insyaAllah akan membawa kita melahirkan dengan nyaman dan tanpa rasa sakit. Ini sangat berharga untuk dibagi kepada ibu-ibu lainnya. Agar ibu-ibu tidak trauma dan menghilangkan kecemasan untuk menghadapi masa melahirkan dan menjadikannya sebagai pengalaman yang menyenangkan, bukan pengalaman yang menakutkan


barakallahfiikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar